Tips Menjaga Bayi Baru Lahir dengan Berat Badan Rendah

Kondisi berat badan bayi yang rendah adalah bayi yang lahir dengan berat badan 1,8 kg sampai dengan 2,5 kg. Kondisi ini terjadi disebabkan banyak faktor salah satunya kelahiran prematur. Anda yang memiliki bayi dengan berat badan rendah saat lahir harus melakukan perawatan dan penjagaan yang optimal. Berikut tips menjaga bayi baru lahir dengan berat badan rendah.

  1. Berikan ASI Eksklusif

Bayi yang berat badan rendah saat lahir juga dapat menjadi bayi yang dikategorikan sehat jika Anda memberikan ASI eksklusif. Kandungan ASI yang berkualitas akan membuat kebutuhan nutrisi bayi terpenuhi sehingga tumbuh kembangnya berjalan optimal. Jika perlu Anda harus tetap memberikan ASI dengan teratur hingga berusia 2 tahun.

  1. Menjaga Kehangatan Tubuh

Bayi yang lahir dengan berat badan rendah memiliki suhu tubuh yang tidak cukup hangat sehingga Anda memerlukan bedung. Bisa juga menggunakan selimut dan pakaian bayi yang hangat agar dapat memberikan kehangatan bagi tubuh bayi.

Anda bisa mendapatkan perlengkapan pakaian bayi yang berkualitas dengan bahan lembut dan hangat di toko perlengkapan bayi. Toko terpercaya yang bisa Anda kunjungi adalah orami.com dengan tawaran diskon. Bagi yang tinggal di Jakarta bisa menikmati diskon dengan berbelanja di JGOS 2018.

  1. Menjaga Kebersihan

Bayi masih memiliki tubuh yang rentan terkena virus dan bakteri terutama bagi Anda yang bayinya lahir dengan berat badan rendah. Anda harus menjaga kebersihan bayi mulai dengan mencuci tangan setiap kali memegang bayi Anda. Jaga kebersihan tempat tidur bayi Anda dengan selalu membersihkannya secara rutin.

Pastikan Anda menggunakan pembersih yang aman tanpa menimbulkan alergi dan iritasi. Jika bayi sudah diberikan susu formula maka Anda harus menjaga kebersihan botol susu bayi. Lakukan sterilisasi secara berkala pada botol susu bayi Anda. Sterilisasi yang dilakukan untuk melindungi bayi dari infeksi bakteri dan kuman.

  1. Memantau Perkembangan dan Pertumbuhan

Bayi yang lahir dengan berat badan rendah memiliki kecenderungan lebih mudah terjangkit penyakit. Anda harus menjaga perkembangan dan pertumbuhan dengan melakukan pemeriksaan secara rutin pada bayi. Melakukan imunisasi dengan lengkap sesuai dengan kebutuhan bayi untuk menjaga sistem imun bayi Anda.

Jika pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda tidak sesuai dengan usianya maka perlu melakukan pemeriksaan ke dokter. Perkembangan dan pertumbuhan bayi ini dapat Anda lihat dari berat badan bayi yang akan terus bertambah sesuai dengan usianya.

Anda bisa menghindari berat badan rendah bagi bayi baru lahir dengan menjaga kondisi kesehatan selama masa kehamilan. Asupan nutrisi yang Anda konsumsi akan menjadi penentu dari kondisi berat bayi saat lahir. Anda harus menjaga kesehatan selama kehamilan juga dengan melakukan olahraga secara rutin agar stamina Anda dan juga bayi dalam kandungan.